Madu Pahit Pelawan Oelh - Oleh Khas Bangka Belitung




Rp. 00.00 Rp. 00.00

Detil
KodeTJQ / PGK - Madu Pelawan Khas Bangka Belitung
LokalWisata Bangka Belitung
DeskripsiInformasi seputar madu pahit dari bunga pelawan oleh - oleh wajib khas Bangka Belitung yang kaya manfaat

Ketika mendengar madu pahit mungkin sebagian orang tidak percaya kalau ada madu yang pahit karena selama ini madu identik dengan rasa manisnya. Madu pelawan adalah satu - satunya madu pahit yang hanya ada di Propinsi Bangka Belitung.

Rasa madu pelawan ini sangat unik yaitu terasa pahit dan manis . Pelawan adalah salah satu tumbuhan yang hanya tumbuh di daratan sumatera termasuk Bangka Belitung. Namun meskipun tumbuh di daratan sumatera, yang menghasilkan madu pahit hanya di Bangka Belitung.

Lebah madu hutan ini berbeda dengan lebah madu pada umumnya, jenis lebah yang menghasilkan madu pahit ini adalah lebah hutan yaang tidak bisa di budidaya karena ukurannya yang cukup besar dan racun lebah ini cukup membayakan manusia. Hal inilah yang menyebabkan lebah madu hutan sangat sulit di budidaya.

Madu pahit pelawan Bangka Belitung sudah cukup terkenal, karena madu pahit ini di percaya memiliki hasiat lebih banyak di bandingkan dengan madu manis. Di karenakan khasiatnya yang cukup banyak, maka tak heran jika harga madu pahit pelawan cukup tinggi di bandingkan madu manis biasa. Untuk madu manis biasa di jual kisaran harga Rp. 250.000 / liter, sedangkan untuk madu pahit pelawan harga 1 liter madu pahit di jual dengan harga Rp. 800.000.

Selain masalah khasiat, hal lain yang membuat harga madu pahit pelawan cukup mahal adalah karena bunga pohon pelawan penghasil madu ini hanya berbunga setahun sekali yaitu di bulan april dan mei saja. Itupun belum tentu berhasil karena faktor cuaca sering kali menjadi faktor utama keberhasilan panen madu pelawan ini.

Bila anda ingin wisata ke Bangka Belitung khusus hanya ingin hunting madu pelawan, bula april - mei adalah waktu yang cocok karena selaian berburu madu pelawan anda juga bisa melihat langsung proses pemanenan madu sampai pengemasan madu pelawan ini. Ada satu kKeunikan proses pembibitan madu terletak pada alat ( golok ) yang di gunakan.

Menurut peternak madu, mata golok yang di gunakan tidak boleh sampai mengenai kulit manusia dan tidak boleh mengenai rempah - rempah. Bila 2 hal itu di langgar maka sarang lebah tidak akan dapat menghasilkan madu. Hal ini mungkin di anggap sebagai mitos saja, namun pada kenyataanya memang demikian dan sudah di buktikan oleh beberapa peternak madu pahit pelawan.

Untuk saat ini, panen Madu Pahit Pelawan Bangka Belitung bisa kita temui di hutan pelawan desa namang - Kabupaten Bangka Tengah dan desa dalil - Kabupaten Bangka yang memiliki kawasan hutan pelawan yang paling luas di Bangka Belitung.

  • archive Content Title : Madu Pahit Pelawan Oelh - Oleh Khas Bangka Belitung
    send Request detil informasi Madu Pahit Pelawan Oelh - Oleh Khas Bangka Belitung dengan menghubungi kami via whatsapp atau line