Tradisi Peh Cun Bangka Belitung




Rp. 00.00 Rp. 00.00

Detil
KodePGK / TJQ - Pah Cun Tradisi Masyarakat Tionghoa Bangka Belitung
LokalWisata Bangka Belitung
DeskripsiInformasi Wisata Peh Cun Yang Merupakan Tradisi Masyarakat Tionghoa Bangka Belitung

Salah satu tradisi masyarakat lokal tionghoa bangka belitung yaitu ritual / sembahyang Ng Ngiat Ciat atau sembahyang laut atau di kenal juga dengan hari raya peh cun yang pada tahun 2015 ini jatuh pada tanggal 20 juni 2015. Hari raya peh cun adalah sebuah tradisi untuk mengenang seorang bangsawan pada zaman dinasti Chu tahun 340 SM yang bernama Qu Yuan. Ng Ngiat Ciat sendiri berarti bulan ke 5 yang pada tanggalan china . hari raya Peh Cun selalu diperingati pada tanggal 5 bulan 5 pada kelender Tionghoa (imlek).

Pada hari itu, masyarakat Tionghoa bangka belitung berbondong-bondong ke pantai di bangka belitung, di pulau Bangka masyarakat tionghoa beramai - ramai pergi ke pantai - pantai terdekat diantaranya pasir padi, pantai matras, pantai rambak dll. Pada hari raya peh cun terdapat 2 ritual Ng Ngiat Ciat yang akan di lakukan yaitu pertama, secara simbolis membuang Nyuk Cun atau Bacang ke laut dan yang kedua yaitu mandi air laut di terik matahari karena bagi masyarakat tionghoa kedua kegiatan tersebut memiliki makna tersendiri.

Mungkin kebanyakan dari kita tidak tahu bahwa pada tanggal 5 bulan 5 penanggalan china tersebut secara ilmu pengetahuan memiliki sebuah moment dimana kita bisa mendirikan telur ayam mentah di atas lantai sekitar pukul 11.00 - 13.00. kejadian ini di karenakan daya grafitasi bumi yang menurun sehingga telur ayam bisa berdiri dengan mudah. Selain itu pada tanggal tersebut air laut mengalami surut yang sangat jauh sehingga kita bisa menjangkau laut hingga ke tengah. Di pulau Bangka tradisi ini biasanya di pusatkan di pantai pasir padi pangkal pinang dan pantai bedukang sungailiat.

Sebenarnya bila di kelola dengan baik tradisi peh cun ini bisa menjadi salah satu daya tarik wisata di bangka belitung karena bangka belitung memiliki daya tarik pantai yang lebih menarik di banding daerah lain.

  • archive Content Title : Tradisi Peh Cun Bangka Belitung
    send Request detil informasi Tradisi Peh Cun Bangka Belitung dengan menghubungi kami via whatsapp atau line