Peluang Lowongan Kerja dan Usaha di Bumi Timah Bangka Belitung




Rp. 00.00 Rp. 00.00

Detil
KodePGK / TJQ - Lowongan Kerja dan Peluang Usaha Di Bangka Belitung
LokalPropinsi BABEL ( Bangka Belitung )
DeskripsiInformasi Tentang Peluang Lowongan Kerja dan Prospek Pelluang Usaha Dari Hasil Timah Bangka Belitung

Bila kita berbicara sumber daya alam timah dan Lowongan Kerja dan Usaha di bangka belitung, tentu kita akan kembali teringat masa kejayaan pertambngan timah inkonvensional sekitar tahun 2000 - 2010. Ketika itu di beritakan banyak pelajar yang putus sekolah akibat terbuai oleh hasil mencuci pasir hitam ini. Bayangkan dalam 1 hari rata - rata mereka bisa menghasilkan uang Rp. 300.000 - Rp.500.000 /hari dari hasil mencuci pasir timah.

Sebenarnya pada masa itu adalah peluang bagi pemerintah dan masyarakat untuk memanfaatkan hasil timah selain timah dengan memanfaatkan perputaran uang di masyarakat, dengan demikian akan memberikan peluang lowongan kerja dan usaha wisata bangka belitung. Namun kalalaian kebijakan dan peran serta masyarakat saat itu menuai hasil pada saat sekarang. 

Efek yang di timbulkan adalah minimnya tingkat pendidikan pencari kerja di bangka belitung, semakin tingginya sifat konsumtif masyarakat dan kurangnya usaha kecil yang berbasiskan masyarakat.

Mungkin kita ingat pada masa itu betapa masyarakat kita berlomba - lomba membeli barang terbaru, bahkan barang yang baru muncul iklannya di televisi pun sudah ada di bangka belitung. sifat boros seperti ini adalah suatau Kelalaian untuk memberdayakan dunia kewirausahaan di dalam masyarakat bangka belitung. 

Coba anda bayangkan dengan penghasilan rata - rata di atas, berapa besar perputaran uang di masyarakat pada waktu itu. Kami ingat Pada kurun waktu tersebut di mana pertimahan masih jaya, setiap bulan puasa kami membuka usaha makanan untuk berbuka puasa dengan ukuran kios hanya 4x6 meter.

Hanya dengan bermodalkan tempat dan tenda kami bisa meraup untung sekitar 20 - 25 juta dalam 1 bulan. Semua jajanan kue dan penjaga warung semua di kelola oleh masyarakat sekitar, jadi kami hanya murni bermodalkan tenda dan tempat. Tapi memang pada masa tersebut harga timah melambung tinggi hingga kisaran 80 ribu - 150 ribu / kilogram.

Namun sekarang semua tinggal cerita, masa kejayaan pasir hitam itu telah habis. Menyisakan kemrosotan ekonomi, menyisakan galian - galian yang menganga, menyisakan duka yang harus kita pikul bersama. Tidak ada lagi hutan dan kebun yang di miliki masyarakat, tidak ada lagi cerita panen lada yang berlimpah karena kebun lada telah berubah menjadi lobang - lobang galian timah. 

Tanah yang dulu subur telah berubah menjadi hamparan pasir. Tidak ada lagi cerita bangka belitung penghasil lada hitam yang kualitas ladanya bersaing dengan negara brazil. Tidak ada lagi kearifan lokal yang kita petik dari tradisi panen lada.

Tapi kita tidak boleh terpaku pada situasi yang ada, masih banyak yang bisa kita gali dan perbaiki. Di sini saya hanya ingin menuangkan beberapa inspirasi dan pengalaman peluang usaha dan lowongan pekerjaan dari sisi wisata yang bisa anda jajaki. Salah satunya yaitu di dunia pariwisata dan peluang internet untuk memaksimalkan kemampuan kita. Bicara masalah dunia wisata tentu tidak akan pernah habisnya karena di bangka belitung memiliki banyak sekali objek wisata.

Beberapa peluang dunia usaha di bidang wisata adalah :

  • 1. Peluang Kerja Sebagai Guide lokal
  • Bila anda pandai berkomunikasi apalagi fasih berbahasa asing, peluang menjadi guide masih terbuka lebar untuk anda. Cobalah tawarkan kemampuan anda kepada pihak pengusaha tour and travel setempat atau ke pihak hotel.

    Namun saya sarankan juga selain anda pandai berkomunikasi dan bahasa asing, akan lebih baik bila anda juga bisa mengendarai kendaraan roda empat. Karena dengan anda mahir mengendarai kendaraan, akan mempermudah anda untuk di terima menjadi guide di agen tour and travel. Namun bila anda ingin menjadi guide mandiri, saya sarankan mulailah belajar untuk mengenal dunia internet yaitu blogging.

    Karena dengan blog anda bisa di cepat di kenal oleh pencari jasa guide di luar bangka belitung ( baca point 3 dibawah ). Dunia guide adalah dunia yang penuh inspirasi, karena kita akan bertemu dan belajar dari orang - orang yang luar biasa

  • 2. Peluang Usaha Cinderamata
  • Sebagai pelaku wisata, saya menganggap bahwa hingga saat ini kita masih kurang memiliki cinderamata khas bangka belitung. Padahal wisata Bangka Belitung memiliki banyak sumber daya alam yang bisa kita manfaatkan, namun kurangnya perhatian dari instansi terkait sehingga terkadang membuat kita bingung untuk memulainya.

    Bila kita kreatif, mungkin kita bisa menemukan banyak celah dan kesempatan untuk kita mengolahnya. Beberapa kekayaan alam yang bisa kita oleh adalah timah, resam, pasir timah, tanah liat dan lain - lain. Untuk pengolahan timah memang sangat membutuhkan bimbingan dari pemerintah, hal ini menyangkut keamanan dalam proses dan izin peleburan timah. Sedangkan resam dan tanah liat adalah sumber daya alam yang sangat khas kita miliki.

    Perlu anda ketahui tentang resam, resam adalah sejenis tanaman pakis yang tumbuh hampir di setiap hutan di bangka belitung. Karakter batangnya yang kuat dan liat menjadi bahan alternatif kerajianan selain rotan. Biasanya resam di manfaatkan untuk membuat hiasan dan kopiah yang bernilai ekonomis cukup tinggi. Sedangkan tanah liat adalah bahan baku pembuatan batu bata dan genting di bangka belitung. Karakter tanah liat bangka belitung sangat bagus untuk bahan pembuatan patung dan aneka cinderamata lainnya.

  • 3. Peluang Dunia Fotografi
  • Profesi yang satu ini adalah pengalaman saya pribadi, dulu sekitar tahun 2009 saya memulai belajar blogging dengan mengupload foto - foto objek wisata bangka belitung ke blog pribadi saya. Sejak saya memiliki blog tersebut, mulai banyak permintaan jasa fotografer dan jasa guide untuk tamu - tamu yang ingin berwisata ke bangka belitung.

    Seiring perkembangan waktu kemudian saya menawarkan kerjasama dengan beberapa hotel untuk tamu yang akan liburan ke bangka belitung. Karena semakin banyak dan beragam permintaan untuk paket wisata ke bangka belitung hingga akhirnya berdirilah Cakra Buana Tour Bangka Belitung yang di kelola oleh team yang lebih profesioanl.

    Saat ini dengan kemudahan dan banyaknya peluang yang ada di dunia internet, maka tidak ada alasan untuk kita bermalas - malasan. Apapun kemampuan anda bila tidak pernah anda publikasikan maka tidak akan berkembang. Satu hal menurut saya yang harus anda sadari sebelum anda mulai melangkah yaitu temukan passion anda.

    Passion bukan hanya sekedar bakat, tapi passion juga adalah dedikasi bagaimana anda mencintai pekerjaan anda tanpa mengukur dan berharap seberapa besar hasil yang anda dapat. Passion adalah mencintai proses dimana anda tidak gampang untuk menyerah dan mengeluh ketika menjalaninya.

    Manfaatkan juga dunia internet untuk menyalurkan dan mempromosikan passion anda, namun satu hal yang harus anda ketahui ketika anda memulai melangkah menjual passion anda ke dunia internet yaitu kejujuran. Jangan pernah mencoba memanfaatkan dunia internet untuk menipu dan mencari untung sesaat karena bisnis online adalah bisnis kepercayaan dan bisnis berkala.

    Sekali saja anda menjadi sebuah brand di dunia internet maka akan banyak peluang yang menanti anda. Akhir tulisan ini saya berharap apa yang telah saya tulis tentang peluang lowongan kerja dan usaha yang berhubungan dengan wisata Bangka Belitung di atas bukan hanya bermanfaat untuk sahabat - sahabat, tapi juga bisa bermanfaat untuk sahabat - sahabat di luar bangka belitung.

  • archive Content Title : Peluang Lowongan Kerja dan Usaha di Bumi Timah Bangka Belitung
    send Request detil informasi Peluang Lowongan Kerja dan Usaha di Bumi Timah Bangka Belitung dengan menghubungi kami via whatsapp atau line