Info Cuaca Bangka Belitung




Rp. 00.00 Rp. 00.00

Detil
KodePGK / TJQ - Info Cuaca Bangka Belitung
LokalPropinsi Bangka Belitung
DeskripsiInformasi Cuaca Bangka Belitung

Setiap tahun terutama menjelang datangnya bulan november dan berakhirnya bulan maret, biasanya cuaca di Bangka Belitung dominan buruk. Hal ini di tandai dengan curah hujan yang tinggi di sertai angin kencang dan gelombang ekstrim. Cuaca seperti ini di sebabkan oleh pengaruh angin muson atau angin musim barat.

Namun kali ini pada akhir tahun 2014 dan awal 2015 cuaca di sekitar bangka belitung cukup kondusif tidak seperti tahun - tahun sebelumnya, artikata tidak terlalu dominannya cuaca buruk yang terjadi di propinsi bangka belitung. pada akhir tahun 2014 dan awal 2015 cuaca buruk terjadi hanya beberapa hari dan itupun tidak terlalu berbahaya dan ekstrim.

Tidak seperti pada tahun - tahun sebelumnya dimana cuaca pada bulan november hingga awal april relatif buruk. Dimana seringnya warning dari pihak terkait untuk berhati - hati dalam penyebrangan antar pulau baik penyebrangan dari pulau bangka ke belitung maupun sebaliknya; Selat di antara pulau bangka dan belitung adalah selat yang sangat rawan karena selat tersebut merupakan pertemuan beberapa arus laut sehingga menyebabkan gelombang tinggi.

Efek lain akibat angin mosun barat di bidang pariwisata yaitu dimana wisatawan tidak bisa bebas melakukan aktifitas pantai. Hal ini di karenakan ombak laut yang sangat tinggi, sampah - sampah laut yang terbawa dari tengah laut ke bibir pantai. Pariwisata di bangka belitung hampir secara keselurahan adalah wisata outdooor dimana sangat tergantung pada keadaan cuaca. Bila cuaca buruk otomatis kegiatan wisata sangat terganggu seperti wisata hooping island di pulau bangka mengunjungi pulau putri, pulau lampu dan pulau ketawai.

Selain karena cuaca yang ekstrin, minimnya sarana dan prasarana laut menyebabkan aktifitas wisata hooping island ini jadi terganggu / batal. Tidak jauh beda dengan wisata island hopping belitung, berhubung wilayah perairan hooping islands tertutup oleh pulau - pulau, jadi apabila cuaca tidak begitu ekstrim maka kegiatan hopping island masih dapat di lakukan.

Namun ketika cuaca buruk ( tapi tidak begitu ekstrim ) untuk kunjungan tour pulau belitung ini hanya bisa mengunjungi pulau kepayang, pulau burung, pulau batu belayar dan pulau pasir. Untuk tour ke pulau lengkuas belitung sangat tidak di anjurkan mengingat pulau lengkuas adalah pulau terluar dimana apabila gelombang cukup ekstrim gelombang di sekitar pulau lengkuas cukup tinggi.

Oleh karena itu, di sarankan untuk anda yang ingin mengunjungi pulau belitung pada bulan maret - november dan puncak cuaca Bangka Belitung terbaik pada bulan mei - juni . Untuk kondusi yang lebih jelas pada saat waktu kunjungan wisata anda silahkan anda menghubungi kami untuk kondisi terkini.

  • archive Content Title : Info Cuaca Bangka Belitung
    send Request detil informasi Info Cuaca Bangka Belitung dengan menghubungi kami via whatsapp atau line