Pulau Lampu Pulau Nanas Bangka Tengah

Pulau Lampu Pulau Nanas Bangka Tengah - Pulau Bangka .. kali ini saya akan kembali menulis salah satu kekayaan alam wisata pantai pulau Bangka. Trip ini sebenarnya sudah lama tepatnya pada tanggal 16 april 2010 pada ulang tahun pertama komunitas fotografer bangka belitung dan sekaligus hunting  perdana saya bersama sahabat - sahabat di komunitas fotografer. di Bangka terdapat 2 Pulau Lampu, ada di kota belinyukabupaten bangka induk ada juga yang di sungai selan kabupaten bangka tengah.
 
pantai Bangka Belitung

Kali ini artikel saya mengenai pulau lampu di sungai selan kabupaten Bangka tengah. Perjalanan ke pulau Lampu Pulau dan Nanas Bangka cukup jauh dan melelahkan, untuk menuju pelabuhan ke pulau ini di tempuh sekitar 3 jam dari pusat kota pangkal pinang.

Kondisi jalan yang rusak parah .. mungkin salah satu penyebabnya :D. Tiba di dermaga sungai selan cukup membuat saya heran, karena dermaga tersebut bisa di bilang cukup bagus karena menjorok ke tengah laut. setelah jeprat jepret sana sini akhirnya perjalanan pun di mulai.  Jarak dari dermaga sungai selan dan jarak antar pulau di tempuh lebuh kurang 20 menit.
 





pantai Bangka Belitung


Pulau pertama yang kami tuju  yaitu pulau nanas, pulau ini berpenduduk dengan mata pencarian sebagai nelayan dan berkebun . Menurut pengamatan saya, pulau ini cukup besar, namun di karenakan masih lebatnya hutan, maka susah untuk memperkirakan luas puau ini.

Rumah penduduk di pulau nanas ini sudah memiliki listrik dari pembangkit listrik tenaga surya yang cukup besar kapasitasnya. Pantai di pulau nanas ini cukup unik, karena pasirnya berwarna kuning ( bukan berwarna putih  seperti pantai di bangka lainnya )
foto : pohon resam , pohon resam merupakan pohon sejenis pakis yang banyak tumbuh di bangka belitung, pohon resam biasanya di buat untuk kopiah ( peci ) dan alat rumah tangga lainnya





pantai Bangka Belitung
Sisi lain pulau ini terdapat batu berlobang yang cukup unik. konon menurut penduduk setempat di larang berfoto di tengah - tengah batu tersebut. Manurut penduduk setempat dulu pernah ada wisatawan yang berfoto di tempat ini. kemudian menderita sakit dan akhirnya meninggal dunia.

Hampir seluruh pantai di sini pesisir pantainya di tumbuhi oleh pohon bakau. Setelah puas berkeliling akhirnya perjalananpun kami lanjutkan menuju pantai pulau lampu. Sebenarnya perjalanan wisata bahari di sini cukup mengasyikkan, namun karena kurangnya transportasi laut antar pulau menyebabkan perjalanan terasa kurang aman dan nyaman.

Bayangkan .. wilayah ini sangat sepi dan jauh dari pengawasan bila terjadi hal - hal yang tidak di inginkan. Perhatikan perahu yang kami gunakan .. tanpa atap, perahunya pun di buat dengan sangat sederhana dengan papan tipis hehehee tapi nekad saja karena rombongan sekitar 30an orang.

Dari kejauhan terlihat pucuk menara mercusuar yang angggun seolah sedang melamun masa kejayaannya. Tiba di pulau lampu ... sunyiiii sepiii senyap banget , hanya gemuruh ombak yang mencoba bernyanyi sebagai pengiring langkah - langkah kami. Pulau lampu ini cukup kecil, karena pulau ini seperti bukit kecil terapung di tengah lautan dan yang pasti .. pulau ini tanpa penghuni. Kemudian kami berjalan ke dalam pulau lampu ini dan benar, ada anak tangga dari batu bata untuk menuju ke puncak bukit. Namun dari kejauhan terlihat dinding - dinding tembok pagar mercusuar

pantai Bangka Belitung

pantai Bangka Belitung
Tiba di puncak bukit ... ternyata di pulau ini juga ada rumah - rumah untuk penjaga mercusuar namun seduah lama kosong di tinggal penjaganya ( bila anda pernah ke pulau lengkuas belitung, kondisi mercusuar di pulau nanas ini mirip sekali dengan mercusuar di pulau lengkuas ). Informasi yang saya dapat tidak ada yang tahu kenapa mercusuar ini kosong tanpa penjaganya.





Walau di sana sini mulai terlihat atap yang bocor, namun rumah - rumah di mercusuar ini masih terlihat kokoh walau tidak terurus lagi.  " mercusuar pulau lampu di bangun tahun 1893 ... " Setelah puas " merenungi " kondisi mercusuar pulau lampu ini, kami kemudian melanjutkan perjalanan ke sisi lain pantai pulau ini. Mungkin jika sekedar kata - kata indah, amazing, cantik belum cukup untuk menggambarkan keindahan pantai ini.
pantai Bangka Belitung
Selain keindahan pantainya yang masih asri, di sekeliling pulau ini juga terdapat cukup banyak terumbu karang dan rumpon . Andai sarana dan prasara menuju pulau ini cukup memadai, saya yakin akan menyedot jauh lebih banyak wisatawan ke pulau bangka .

Demikian artikel saya mengenai Pulau Lampu dan Pulau Nanas di sungai selan kabupaten Bangka tengah. semoga bermanfaat untuk saya pribadi dan anda. Harapan saya dan mungkin kita semua semoga segera di bangun sarana dan prasarana ke pulau lampu ini agar bisa menjadi salah satu aset wisata dan sejarah pulau bangka  .