Keunikan Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi




Rp. 00.00 Rp. 00.00

Detil
KodeTJQ - Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi
LokalWisatta Belitung
DeskripsiInformasi seputar keunikan Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi di Belitung Timur Propinsi bangka Belitung

Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi terletak di Desa Lenggang kecamatan Gantung Kabupaten Belitung Timur. Dari Bandara HAS Hanandjoeddin Kota Tanjung Pandan dapat di tempuh dengan waktu 1 jam perjalanan. Sejak melejitnya novel dan film Laskar Pelangi, Paket Tour Belitung semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Efek positif lainnya yaitu mulai menggeliat dan meningkatnya perekonomian masyarakat setelah menurunnya pertambangan timah di Pulau Belitung. SD Muhammadiyah Laskar Pelangi saat ini sebenarnya hanya sebuah replika SD Muhammadiyah yang saat ini telah berganti nama menjadi MTS Muhammadiyah yang letaknya tidak jauh dari lokasi saat ini.

Sesuatu yang sangat menarik dari SD Muhammadiyah laskar pelangi ini adalah walau film laskar pelangi telah telah di putar tahun 2008 yang lalu, namun lokasi SD Muhammadiyah ini masih tetap menjadi idola bagi wisatawan.

Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi di bangun di atas bekas areal penambangan timah, oleh karena itu tak heran bila di sekitar lokasi hampir rata - rata struktur tanahnya berpasir. Untuk kepentingan syuting, maka di kumpulkanlah pasir - pasir yang ada di sekitar lokasi sehingga menjadi semacam bukit kecil untuk mendirikan Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi ini.

Sebagian papan yang di gunakan adalah papan SD Muhammadiyah yang asli. Perlu di ketahui, hampir semua bentuk sekolah di bangka belitung yang berada di sekitar wilayah unit penambangan timah bentuknya sama seperti Sd Laskar Pelangi ini, selain itu motif dan cat dindingpun sama. Jadi SD Laskar pelangi saat ini bisa di katakan replika sejarah pendidikan di Bangka Belitung pada masa kejayaan timah dahulu.

Di lihat dari bentuknya tidak ada yang spesial dari replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi , sebuah bangunan yang berdiri di atas tanah yang tandus dengan bentuk dan kondisi yang rapuh dangan tiang penyangga agar bangunan tidak roboh. Serta bangunan tua yang hanya memiliki dua ruang belajar dalam kondisi seolah tidak terarawat.

Namun kekuatan pesan yang ingin di sampaikan dalam novel dan film laskar pelangi inilah yang menjadi daya tarik tersendiri. Hingga saat ini, terlihat pembangunan berbagai fasilitas di sekitar lokasi cukup pesat, hal ini terlihat dengan adanya Galeri lukisan dan warung - warung sebagai penunjang kebutuhan wisatawan yang datang.

Untuk mengunjungi objek wisata replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi ini anda bisa memilih paket trip belitung yang telah kami sediakan atau menggunakan jasa rental mobil belitung kami.

  • archive Content Title : Keunikan Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi
    send Request detil informasi Keunikan Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi dengan menghubungi kami via whatsapp atau line