Wisata Budaya Masyarakat Tionghoa di Bangka Belitung




Rp. 00.00 Rp. 00.00

Detil
KodePGK / TJQ - Wisata Budaya Masyarakat Tionghoa Bangka Belitung
LokalPropinsi BABEL ( Bangka Belitung )
DeskripsiInformasi tentang wisata budaya Tionghoa yang unik yang menjadi daya tarik wisata di Bangka Belitung

Bagi masyarakat Tionghoa, bulan depan nanti sepertinya merupakan bulan di mana banyak tanggal merah menguasai. Artinya, akan ada banyak liburan di bulan depan. Bagaimana, apakah Anda sudah merencanakan liburan Anda? Kenapa tidak memilih paket tour ke Bangka Belitung saja ? Bangka Belitung adalah salah satu propinsi kepulauan. Anda dapat mencapai propinsi ini dengan mudah karena sudah tersedia jalur laut dari Palembang menuju ke Bangka Belitung. Apa sajakah yang menarik dari wisata di propinsi Bangka Belitung ini?

Pengaruh Kebudayaan Tionghoa China di Bangka Belitung

Wisata Budaya China di Bangka Belitung memang menarik karena Anda akan menjumpai berbagai macam kelenteng di Bangka Belitung karena memang mayoritas penduduk di sini merupakan keturunan China. Warga China di sini dulunya adalah pekerja di tambang timah. Bangka Belitung memang merupakan penghasil timah terbesar di Indonesia.

Untuk mengunjungi kelenteng, Anda dapat pergi ke desa Batu Rusa di mana terdapat kelenteng tertua. Anda juga dapat tour ke kelenteng yang berlokasi di Tayu, sebelah utara dari Pulau Bangka. Masih ada lebih dari 50-an kelenteng / vihara di Bangka Belitung yang masih berfungsi sebagai tempat ibadah dan terlihat bahwa kelenteng-kelenteng itu merupakan kelenteng China-Buddha.

Berbicara tentang budaya sering juga menyinggung tentang kuliner. Ada banyak sekali kuliner di sini sehingga Anda yang menyukai wisata kuliner dapat terpuaskan. Salah satu makanan khas dari Bangka Belitung yakni gebung, Anda harus mencicipinya ketika di sini. Selain itu, seafood juga merupakan kuliner khas Bangka Belitung karena lokasinya yang dikelilingi oleh laut. Anda juga dapat menemukan pengaruh China dari kuliner yakni bumbu-bumbunya yang sebagian besar menggunakan bumbu khas China.

Beberapa Destinasi Wisata Bernuansa Budaya China di Bangka Belitung

Kawasan bernuansa China tepatnya yakni di Kabupaten Bangka, Kecamatan Belinyu, di sebuah desa Kuto Panji. Ada sebuah kawasan bergaya China yang bernama Pha Kak Liang. Dulunya kawasan ini merupakan tambang timah. dan dulu banyak wisatawan yang mengunjungi tempat wisata Bangka ini karena seolah-olah mereka akan berada di Taiwan atau Hongkong. Yang unik dari destinasi wisata ini yakni adanya ikan-ikan air tawar berukuran cukup besar. Namun sayang saat ini tempat ini tidak terawat lagi oleh yayasan yang menanganinya.

Anda juga bisa mengunjungi Vihara Dewi Kwan Im Bangka. Sebenarnya tempat ini merupakan vihara yang masih berfungsi untuk sembahyang bagi masyarakat Tionghoa. Di dekat vihara ada kolam pemandian yang terletak di kaki bukit yang dikelilingi oleh aliran sungai yang indah. Lokasi wisata ini tepatnya terletak di Desa Jelitik, Kecamatan Sungailiat. Dipercaya jika Anda menggunakan air di sini, Anda dapat menjadi awet muda, penyakit Anda sembuh, dan juga permintaan Anda terkabul. Masih banyak Wisata Budaya China di Bangka Belitung menarik lainnya yang dapat Anda kunjungi ketika tour ke Bangka Belitung.

  • archive Content Title : Wisata Budaya Masyarakat Tionghoa di Bangka Belitung
    send Request detil informasi Wisata Budaya Masyarakat Tionghoa di Bangka Belitung dengan menghubungi kami via whatsapp atau line