Sejarah Objek Wisata Bendungan Pice Belitung Timur




Rp. 00.00 Rp. 00.00

Detil
KodeTJQ - Objek Wisata Bendungan Pice
LokalWisata Belitung
DeskripsiInformasi tentang sejarah Bendungan Pice salah satu objek wisata selain pantai di Belitung Timur

Salah satu objek wisata dalam rangkaian paket wisata belitung yang di kunjungi di Belitung Timur adalah bendungan Pice Belitung Timur. Bendungan Pice adalah bendungan bersejarah peninggalan pemerintah Hindia Belanda yang di bangun pada tahun 1934 hingga tahun1936.

Bendungan yang melintas di atas sungai lenggang desa lenggang kecamatan Gantung Kabupaten Belitung Timur ini berada tidak begitu jauh dengan lokasi replika SD laskar pelangi, Musium kata dan rumah Ahok karena masih dalam satu kecamatan Gantung. Ada hal unik mengenai objek wisata bendungan pice ini yaitu di bendungan ini terdapat ikan yang masyarakat sekitar menyebutnya ikan cempedik.

Ikan ini hanya ada di sungai lenggang dan tidak ada di tempat lain. Ikan ini hidup bergerombol dan uniknya ikan cempedik ini hanya muncul di waktu musim penghujan. Bila di musim kemarau ikan cempedik ini seperti menghilang dan tidak bisa kita temui. Oleh karena itu, bila di musim pemghujan bendungan pice ini di manfaatkan masyarakat sekitar untuk mancing dan menjala ikan cempedik.

Bendungan pice yang memiliki panjang 79 meter adalah salah satu sejarah pertimahan di Belitung Timur. Tujuan pemerintah Belanda membangun Bendungan Pice ini untuk mengatur debit air yang mengalir ke tambang - tambang timah milik Pemerintah Belanda pada zaman itu.

Sedangkan nama Bendungan Pice itu sendiri hingga kini terdapat dua versi yang berbeda. Ada yang menyebut nama Bendungan Pice Belitung Timur ini berasal dari bahasa cina yang menyebutkan nama Phice yang artinya pintu air, sehingga masyarakat Belitung menamai Bendungan ini dengan sebutan Pice.

Sedangkan versi lain menyebutkan nama Bendungan Pice Belitung Timur itu berasal dari nama Sir Vance, yang pada saat itu masyarakat sekitar kurang begitu bisa mengeja kalimat "Vance" sehingga masyarakat hanya bisa menyebut dengan sebutan "Pice".

  • archive Content Title : Sejarah Objek Wisata Bendungan Pice Belitung Timur
    send Request detil informasi Sejarah Objek Wisata Bendungan Pice Belitung Timur dengan menghubungi kami via whatsapp atau line