Rumah Adat Khas Belitung




Rp. 00.00 Rp. 00.00

Detil
KodeTJQ - Rumah Adat Belitung
LokalBelitung
DeskripsiInformasi Tentang Rumah Adat Khas Belitung Propinsi Bangka Belitung

Rumah adat khas Belitung adalah rekonstruksi arsitektur rumah adat khas masyarakat Belitung yang sangat kental dengan aliran budaya melayu yang biasa kita temukan di daerah-daerah sepanjang pesisir Sumatera dan Malaka. Di dalam rumah terdapat beberapa artefak seni dan kebudayaan masyarakat Belitung, seperti pakaian adat dan perangkat tradisional untuk upacara perkawinan adat belitung.

Rumah adat Belitung ini adalah bagunan berupa rumah panggung terbuat dari kayu yang menggambarkan arsitektur Rumah adat Belitung tempo dulu. Seperti rumah khas melayu pada umumnya, rumah adat belitung juga dikenal ada tiga tipe yaitu Arsitektur Melayu Awal, Melayu Bubung Panjang dan Melayu Bubung Limas.

Rumah Melayu Awal berupa rumah panggung kayu dengan material seperti kayu, bambu, rotan, akar pohon, daun-daun atau alang-alang yang tumbuh dan mudah diperoleh di sekitar pemukiman. Rumah adat Belitung ini berbentuk limas, dahulu rumah limas merupakan kebanggaan pemiliknya karena dari bentuk rumah orang akan tau siapa pemilik rumah tersebut. Sesuai dengan namanya Rumah panggung berbentuk panggung dan atapnya berbentuk limas terbuat dari kayu yang kuat seperti kayu nyato salah satu kayu yang berkualitas di bangka belitung.

  • archive Content Title : Rumah Adat Khas Belitung
    send Request detil informasi Rumah Adat Khas Belitung dengan menghubungi kami via whatsapp atau line