Musium Timah Muntok Kabupaten Bangka Barat




Rp. 00.00 Rp. 00.00

Detil
KodePGK - Objek Wisata Musium Timah Muntok Kabupaten Bangka Barat
LokalWisata Bangka
DeskripsiInformasi Tentang Musium Timah Muntok Kabupaten Bangka Barat Proponsi Bangka Belitung

Satu lagi destinasi wisata Bangka yaitu atau musium timah Muntok Kabupaten Bangka Barat Propinsi Bangka Belitung yang di resmikan pada 7/11/2013 . Musium timah muntok Bangka ini dulunya bernama "Gedung Hoofdbureau-banka tin winning" yang kini menjadi Museum dulunya merupakan tempat pengaturan pertimahan di Pulau Bangka.

Pembangunan museum ini digagas sejak tahun 2012 yang pada langkah awalnya yakni PT Timah melakukan konservasi gedung. Dengan berdirinya musium timah muntok ini di harapkan menjadi salah satu ruang dokumentasi sejarah dengan pertimbangan dikarenakan Kota Muntok tak lepas dari sejarah pertimahan dan sejarah Indonesia. Musium Timah Muntok Kabupaten Bangka Barat ini merupakan pusat informasi tentang perkembangan teknologi peleburan timah, perkembangan melayu Bangka, pengasingan Bung Karno serta sejarah perang dunia kedua.

Di ruangan musium timah muntok ini terdapat galeri sejarah para pemimpin yang pernah diasingkan di Muntok dan galeri yang menggambarkan sejarah perang dunia kedua. Ketika perang dunia kedua, Muntok sempat dijadikan sebagai tempat tawanan perang sekutu oleh Jepang.

Selain itu Musium Timah Muntok Kabupaten Bangka Barat bukan saja hanya mengoleksi barang bersejarah, tapi di museum ini juga dilengkapi perpustakaan untuk membantu pengunjung mendapatkan informasi. Untuk saat ini anda sudah bisa mengunjungi Musium Timah Muntok yang buka tiap hari kecuali hari jumat.

  • archive Content Title : Musium Timah Muntok Kabupaten Bangka Barat
    send Request detil informasi Musium Timah Muntok Kabupaten Bangka Barat dengan menghubungi kami via whatsapp atau line