Asal Usul Batu Granit Khas Bangka Belitung




Rp. 00.00 Rp. 00.00

Detil
KodePGK / TJQ - Batu Granit Khas Bangka Belitung
LokalWisata Propinsi Bangka Belitung
DeskripsiInformasi tentang asal usul dan mengapa di Bangka Belitung terdapat batu granit

Artikel ini saya tuliskan berdasarkan pengalaman pribadi saya menjadi guide dari tahun 2010 yang lalu. Hampir setiap pengunjung terkagum - kagum pada batu granit Khas Bangka Belitung yang tersusun di sudut - sudut wisata pantai Bangka Belitung dan pengunjung selalu menanyakan asal muasal batu granit di pulau Bangka Belitung. Selama ini cerita yang beredar di masyaratak adalah bahwa susunan batu granit itu terbentuk dari materi letusan Gunung Krakatau di Selat Sunda. Pecahan materi letusan itu berjatuhan di Pulau Belitung dan tersusun indah pada masa sekarang.

Tapi kemudian, pertanyaan yang lain dari sebagian tamu adalah ... kalau memang batu granit ini berasal dari letusan gunung , kenapa batu granit cuma ada di Bangka Belitung? seharusnya pecahan batu granit itu ada di mana-mana di sekitar Krakatau. Menurut Bpk Azrizal ( dari musium timah muntok - bangka barat ) mengatakan bahwa sebenarnya batu granit adalah salah satu unsur pembawa dan juga salah satu unsur bebatuan yang mengandung timah. Karena di dalam batu granit juga mengandung mineral timah. Batu granit selalu berada di jalur timah dengan kata lain bahwa dimana ada timah maka di situ selalu ada batu granit.

Kajian mengenai asal usul Batu Granit Khas Bangka Belitung ini sebenarnya sudah ada. Kajian itu juga sudah disampaikan dalam kegiatan pelatihan perencanaan dan pengembangan geowisata untuk Belitung yang diselenggarakan atas kerja sama UNDP, Disbudpar Provinsi Bangka Belitung , dan Pusat Perencanaan dan Pengembangan Kepariwisataan (P-P2Par) ITB, September 2013. Namun kajian tersebut belum di tetapkan olen pemerintah daerah sebagai sumber acuan untuk seluruh pemandu wisata.

  • archive Content Title : Asal Usul Batu Granit Khas Bangka Belitung
    send Request detil informasi Asal Usul Batu Granit Khas Bangka Belitung dengan menghubungi kami via whatsapp atau line